Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola

Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola - Untuk melatih kemampuan dan teknik bermain sepak bola, diperlukan serangkaian latihan. Berikut ini bentuk-bentuk latihan  sepak bola yang dapat Anda lakukan.


1.   Latihan Lemparan ke Dalam
Lemparan ke dalam tidak dapat dilakukan begitu saja. Untuk mendapatkan lemparan yang baik dan sesuai dengan persyaratan lemparan, perlu latihan secara tekun dan terus-menerus. Berikut ini beberapa cara berlatih lemparan ke dalam.

a.   Latihan 1
Lakukan latihan ini bersama teman sebangku Anda. Buat posisi saling berhadapan dan bergantian melempar bola. Ketika salah seorang melempar bola, seorang lainnya menangkap bola tersebut. Perhatikan posisi kaki saat melakukan lemparan ke dalam.

b.   Latihan 2 
Lakukan latihan ini dilakukan bersama dua teman Anda. Buatlah posisi membentuk segitiga. Masing-masing bergantian melempar dan menangkap bola secara berantai. Arahkan setiap lemparan dengan tepat agar orang lain bisa menangkapnya dengan mudah.
Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola

Gambar: Latihan lemparan ke dalam secara berpasangan

c.  Latihan 3
Latihan  lemparan ke dalam juga bisa dilakukan dalam suatu latihan permainan. Seseorang yang melakukan  lemparan ke dalam dapat mengarahkan bola ke tempat kosong yang dekat dengan beberapa penyerang sehingga bisa diterima oleh salah satunya. Lemparan juga bisa langsung diarahkan kepada penyerang yang dekat ke gawang sehingga penyerang tersebut bisa mencetak gol.
Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola

Gambar: Latihan lemparan ke dalam bersama penyerang

2.   Latihan Tendangan Bebas
Latihan tendangan bebas dapat dilakukan di tengah lapangan atau di dekat kotak penalti lawan. Jika tendangan bebas dilakukan dekat dengan daerah penalti tetapi Anda sulit menembusnya, maka tendangan bisa dilakukan dengan memberikan operan pada pemain yang mempunyai posisi lebih baik untuk menembak ke gawang lawan.

Namun, jika Anda berada pada posisi memungkinkan untuk menembak langsung, Anda bisa menembakkan bola langsung ke gawang lawan. Saat itu biasanya pemain lawan berdiri berjajar menghadang jalannya bola menuju gawang. Namun demikian, dengan latihan-latihan khusus, bola bisa dilambungkan kemudian berbelok menukik ke arah gawang atau posisi yang diinginkan penendang. Tendangan seperti ini hanya dapat diperoleh melalui latihan-latihan yang tekun dan terus-menerus.
Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola

Gambar: a. Latihan Tendangan bebas langsung b.Latihan Tendangan bebas tidak langsung

3.   Latihan Wall pass
Latihan operan satu dua atau wall pass dilakukan sebagai berikut.
  • Pemain penyerang A menggiring bola menuju ke daerah penalti lawan.
  • Pemain belakang lawan B bergerak menghadang pemain A.
  • Pemain A melakukan operan pada pemain penyerang lain C. 
  • Pemain C langsung memberikan bolanya lagi pada pemain A yang bergerak ke samping lawan sesaat setelah memberikan bola pada pemain C.
  • Pemain A tanpa menahan bola langsung dioper pada penyerang C.
  • Pemain C bisa langsung membawa bola ke gawang atau menembakkan langsung

Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola

Gambar: Latihan wall pass