Sejarah Teater abad 17 di Spanyol dan Perancis

Teater abad 17 di Spanyol dan Perancis - Drama-drama agama hanya berkembang di Spanyol Utara dan Barat karena sebagian besar Spanyol dikuasai Islam. Ketika kekuasaan Arab dapat diusir dari Spanyol kira-kira tahun 1400, maka drama dijadikan salah satu media untuk “menghistorikan” kembali bekas jajahan Arab. Teater berkembang sebagai media dakwah agama. Inilah sebabnya drama agama berkembang di Spanyol. Gereja sangat berperan dalam pengembangan drama. 


Pertunjukan yang berkembang adalah Autos Sacramentales dengan ciri-ciri antara lain:
  • Tokoh-tokoh dalam cerita adalah tokoh simbolik, misalnya si Dosa, Si Bijaksana dipertemukan dengan tokoh supranatural dan manusia biasa dengan cerita berdasarkan  kehidupan sekuler maupun ajaran-ajaran gereja. 
  • Dipertunjukkan di atas kereta kuda (dua tingkat) yang dinamai carros. Kereta-kereta kuda tadi juga membawa setting. 
  • Pertunjukan dilakukan oleh rombongan profesional yang selalu berhubungan dengan gereja 
  • Pertunjukannya selalu diselingi tarian dan pada saat istirahat diisi dengan Farce pendek.  

Unsur  Farce berdampak masuknya sekularisme dalam drama Autos dan berakibat gereja  melarang Autos pada tahun 1765 karena merajalelanya semangat Farce dan menyimpang dari ajaran-ajaran agama.

Sejarah Teater abad 17 di Spanyol dan Perancis

Drama di luar gereja  yaitu drama sekuler juga berkembang pesat. Pada tahun 1579 telah berdiri gedung permanen di Madrid. Bentuk gedung teater ini mirip dengan Elizabethan di Inggris. Pelopor drama sekuler di Spanyol ialah Lope de Rueda (1510-1565). Ia dramawan, aktor dan produsen yang mendirikan gedung teater permanen di Spanyol. Tetapi profesionalisme dalam teater  baru berkembang setelah kematiannya tahun 1580-an.

Pada abad 17,  teater di Perancis menjadi  penerus teater abad pertengahan, yaitu teater yang mementingkan pertunjukan dramatik, bersifat seremonial dan ritual kemasyarakatan. Terdapat kecenderungan menulis naskah yang menggabungkan drama-drama klasik dengan tema-tema sosial yang dikaitkan dengan budaya pikir kaum terpelajar. Dramawan Perancis bergerak lebih ekstrim dalam mengembangkan bentuk baru tragedi klasik yang melampaui tragedi Yunani yang padat, cermat, dan santun.

Lahirlah Klasisme baru atau neo klasik yang  memiliki konvensi sebagai berikut.
  • Mengikuti dan memahami konsep pembuatan naskah klasik. 
  • Menjaga kemurnian tipe drama. 
  • Setia kepada kaidah klasik. 
  • Berorientasi pada fungsi drama.  
  • Menitikberatkan pada konsep tentang kebenaran dan moral kebaikan. 
  • Setia kepada keutuhan  waktu, tempat,  dan peristiwa. 
  • Hanya mengakui dua bentuk drama yaitu tragedi dan komedi. 
  • Konsep Neoklasik mengajarkan tentang kebenaran. 
Sejarah Teater abad 17 di Spanyol dan Perancis