Renang Penyelamatan di Air dan Dasar Pertolongan

Melakukan olahraga di air termasuk berenang, tentu mengandung risiko, apalagi jika dilakukan tanpa prosedur yang benar. Kecelakaan yang sering terjadi saat berenang adalah tenggelam. Hal ini terjadi karena korban belum menguasai renang dengan baik, atau karena sebab lain seperti terjatuh, sakit, dan kram. Untuk menolong korban tersebut, perlu dilakukan tindakan penyelamatan seperti renang penyelamatan dan pertolongan lainnya.


1.  Renang Penyelamatan
Renang penyelamatan merupakan renang yang bertujuan untuk menyelamatan korban kecelakaan di air. Dalam praktiknya, renang penyelamatan dapat dilakukan oleh satu tangan atau dua tangan.

a.  Penyelamatan dengan Satu Tangan
Penyelamatan dengan satu tangan dapat dilakukan dengan cara berikut.
  1. Memegang korban di bawah bahu
    Renang penyelamatan ini dilakukan dengan menarik korban dan memegang dagu bagian bawah menggunakan sebelah tangan. Hal ini akan menengadahkan kepala korban ke atas, sehingga korban dapat bernapas dari hidung.
  2. Memegang korban di depan dada
    Pada penyelamatan ini, korban akan ditarik dengan menempatkan satu lengan di depan dada korban. 


b.  Penyelamatan dengan Dua Tangan
Renang penyelamatan ini dilakukan menggunakan dua tangan dengan cara memegang kepala, dada, dan bahu korban dari belakang, sehingga posisi kepala korban menghadap ke atas.

Renang Penyelamatan di Air

Gambar: Renang penyelamatan dengan: a) dua tangan, b) satu tangan

2.  Dasar-Dasar Penyelamatan
Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menolong korban tenggelam antara lain sebagai berikut.
  • Lakukan pertolongan secepat mungkin, namun usahakan untuk melepas perlengkapan yang mungkin akan menghambat gerak di air.
  • Yakinlah bahwa Anda dapat menguasai situasi air. Jika masih ragu dengan kondisi kedalaman air, maka melompatlah ke air dengan posisi kaki terlebih dahulu.
  • Siap dengan kemungkinan korban untuk meraih dan menarik penyelamat karena kepanikan. Seorang korban yang hampir tenggelam dapat menjadi sumber bahaya yang terbesar bagi penyelamatnya.
  • Jika korban telah tenggelam ke bawah air, penyelamat harus menyelam untuk mencari dan mengangkatnya ke atas.