Teknik Dasar Bulu Tangkis

Pada kelas sebelumnya, Anda telah mempelajari cara melakukan  servis dan lob. Pada pelajaran ini, Anda akan lebih memperdalam teknik servis dan teknik pukulan lainnya. Dalam melakukan teknik ini, perlu diperhatikan posisi pemain dan datangnya kok dari pihak lawan. Pemain harus mengambil posisi yang tepat untuk mengembalikan pukulan dari lawan. Teknik Dasar Bulu Tangkis


1.   Teknik Variasi Servis
Pukulan servis adalah pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal sebagai pembuka permainan. Berikut ini macam-macam pukulan servis dalam permainan bulu tangkis.

a.  Pukulan servis drive
Tujuan dari servis drive adalah memukul kok dengan cepat, mendatar, dan setipis mungkin melewati net. Sasarannya adalah sudut titik-titik perpotongan antara garis belakang dengan garis tengah lapangan. Cara melakukan pukulan servis ini adalah dengan melemparkan kok agak jauh dari badan. Lengan bergerak bebas dan leluasa dalam mengayunkan raket.

b.  Pukulan servis pendek 
Servis pendek adalah  servis di mana kok melintas tipis melewati net. 
Pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi. Coba Anda lakukan  servis pendek dengan cara berikut ini.
  1. Tangan kanan memegang raket dan tangan kiri memegang kok.
  2. Perpindahan berat badan dimulai dari kaki belakang ke kaki depan.
  3. Ayunkan raket dari belakang setinggi bahu ke depan
  4. Lepaskan kok dan pukullah kok dengan penuh atau dipotong.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Gambar: Servis Pendek

c.   Pukulan servis panjang
Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Pada permainan tunggal, servis panjang dilakukan dengan memukul penuh kok. Untuk melakukan pukulan servis panjang Anda dapat melakukan cara berikut.
  1. Letakkan kaki kiri ke depan.
  2. Titik berat badan berada di antara kedua kaki
  3. Ayunkan tangan yang memegang raket ke belakang sampai setinggi bahu.
  4. Pukul lah kok setelah ayunan sampai di depan badan dengan mencambukkan pergelangan tangan. 

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Gambar: Servis Panjang

d.   Pukulan servis cambukan 
Servis cambukan menerbangkan kok ke belakang. Hasil  pukulan ini bisa membingungkan lawan sehingga kok jatuh tanpa disadari pihak lawan. Sasaran servis ini adalah sudut perpotongan garis tepi dengan garis belakang dan sudut perpotongan garis belakang dengan garis tengah.
Servis ini caranya sama dengan  servis biasa. Tetapi, pukulan mendadak dicambukkan saat raket menyentuh kok. 

2.   Teknik Pukulan Net
Pukulan net adalah  pukulan pendek yang dilakukan di depan net dan diarahkan ke depan net di daerah lawan. Perkiraan jatuh kok harus sedekat mungkin dengan net. Pada saat akan melakukan pukulan ini, langkahkan kaki kanan Anda mendekati net, tekuk lutut, posisi kaki lurus di belakang, dan lengan diluruskan ke depan mengarah pada kok. Jenis pukulan ini dapat dilakukan dengan  forehand maupun  backhand, hanya saja pada saat perkenaan pergelangan tangan agak diangkat sedikit.
Teknik Dasar Bulu Tangkis

Gambar: Pukulan Net

3.  Pukulan Chop atau Dropshot
Pukulan  dropshot adalah  pukulan yang mengarahkan kok ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net. Gerak pukulannya hampir sama dengan pukulan lob, tetapi pada saat perkenaan raket agak dimiringkan dan memerlukan perasaan agar kok meluncur tipis di atas net, sehingga sulit dijangkau lawan.
Teknik Dasar Bulu Tangkis

Gambar: Pukulan Dropshot

4.   Pukulan Lob 
Pukulan  lob dilakukan untuk menerbangkan kok setinggi mungkin jauh ke belakang garis lapangan. Teknik pukulan lob ada dua macam yaitu: overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala, dan underhand lob, yaitu pukulan  lob dari bawah yang dilakukan dengan memukul kok yang berada di bawah badan.
Teknik Dasar Bulu Tangkis

Gambar: a) Overhead lob b) underhead lob