Latihan Senam Ritmik dengan Tali

Seperti halnya senam ritmik menggunakan pita, senam ritmik menggunakan tali pun bisa dilakukan dengan mengombinasikan berbagai gerakan. Berikut ini beberapa cara latihan senam ritmik menggunakan tali yang bisa Anda ikuti.


1.  Latihan 1 
Latihan ini terdiri atas gerakan memutar tali di sekitar tubuh. Mulailah dengan berdiri dan kedua tangan memegang ujung tali. Kedua lengan direntangkan. Gerakkan kedua lengan memutar mengelilingi tubuh, sehingga tali ikut bergerak berputar di sekitar tubuh.

2.  Latihan 2 
Latihan selanjutnya adalah gerak memutar tali dengan lompatan. Peganglah tali di samping belakang badan dan lengan sejajar bahu di samping. Lakukan gerak memutar lengan dari bahu sehingga tali berputar. Kaki melompat ketika tali akan melewati kaki. Variasikan latihan putaran dengan arah, irama putaran, dan bentuk tolakan kaki yang berbeda-beda sehingga menghasilkan irama gerak yang bervariasi juga.
Latihan Senam Ritmik dengan Tali

Gambar: Latihan senam ritmik menggunakan tali

3.  Latihan 3 
Latihan ini merupakan kombinasi gerak kaki cha-cha dengan gerak memutar dan mengayun tali. Latihan gerak ritmik menggunakan tali dapat disertai dengan gerak kaki cha-cha. Cobalah Anda lakukan gerak dasar cha cha berikut ini.
  • Hitungan 1, langkahkan kaki kiri satu langkah ke depan dan tangan kanan diayun ke depan.
  • Hitungan 2, langkahkan kaki kanan satu langkah ke depan melewati kaki kiri dan tangan kiri diayun ke depan.
  • Cha 1, langkahkan kaki kiri satu langkah ke depan melewati kaki kanan. Kaki kanan diangkat ke atas, berat badan ada pada kaki kiri, dan tangan menepuk.
  • Cha 2,letakkan kaki kanan pada tempat semula. Kaki kiri diangkat ke atas, berat badan pada kaki kanan dan tangan menepuk.
  • Cha 3, letakan kaki kiri di tempat semula, berat badan dipindahkan ke kaki kanan dan tangan menepuk.
  • Hitungan 3, langkahkan kaki kanan satu langkah ke depan dan tangan kiri diayun ke depan.
  • Hitungan 4, langkahkan kaki kiri satu langkah ke depan dan melewati kaki kanan dan tangan kanan diayun ke depan.
  • Cha 1, langkahkan kaki kanan satu langkah ke depan melewati kaki kiri. Berat badan dipindahkan pada kaki kiri dan tangan menepuk.
  • Cha 2, angkat kaki kiri dan letakkan kembali di tempat semula, berat badan pada kaki kanan dan tangan menepuk.
  • Cha 3, letakkan kaki kanan pada tempat semula, dengan memindahkan berat badan ke kaki kanan dan tangan menepuk.


Anda dapat melakukan gerakan secara berulang, gerakan dapat dilakukan ke arah depan dan ke arah belakang, hanya saja pada contoh di atas hanya ke arah depan saja. Anda dapat mengganti arah langkahnya. Setelah menguasai latihan gerak cha-cha, Anda dapat mengombinasikan gerak kaki pada senam ritmik cha-cha dengan gerak ritmik menggunakan tali